Minggu, 16 Juni 2013

Wisata Pantai Depok Yogyakarta : Menyantap Sajian Ikan Laut


Pantai Depok Yogyakarta adalah salah satu dari sekian jumlah pantai yang ada di daerah Bantul, sebuah kabupaten di provinsi DIY. Di antara beberapa pantai yang ada di sana, tampaknya Pantai ini saja yang memang secara khusus diperuntukkan sebagai pusat wahana kuliner ikan laut segar. Tampak berderet pondok makan sederhana yang ada di sepanjang pesisir laut tersebut. Beberapa di antaranya bahkan sengaja dibangun dengan langsung menghadap ke laut demi memanjakan para pengunjung yang akan makan di pondok makan tersebut.

Para nelayan lokal menjual berbagai jenis ikan buruan dengan harga lebih murah karena pembeli akan menjualnya kembali secara eceran. Tapi di pantai ini, tepatnya di tempat pelelangan ikannya harga berbagai macam ikan tangkapan masih relatif lebih murah dibandingkan dengan yang sudah sampai ke pasar-pasar.

Pada waktu yang ke dua atau ke tiga kalinya saya berkunjung ke sana adalah malam hari setelah menikmati sunset di pantai parangtritis. Dengan mengendarai mobil opel blazer tahun 2002 yang cukup tangguh, kami susuri jalan gelap di sepanjang pesisir laut itu. Sesampainya di Pantai Depok Yogyakarta kami langsung berburu bermacam ikan segar yang sangat heterogen jenisnya. Setelah dirasa cukup jumlahnya, ada yang sudah menawarkan untuk memasakkan ikan-ikan segar tersebut. Langsung saja kami meluncur ke warung makan yang dimiliki orang tersebut.

Setelah menunggu sekitar 25 menit sajian pun segera dihidangkan. Aroma sedap menusuk hidung membangkitkan rasa lapar yang sudah mulai tak tertahankan. Langsung kami santap sampai kenyang. Sebagai saran buat rekan traveller yang hendak berkunjung ke tempat ini maka sebaiknya sore hari saja. Sebab kalau sore hari anda akan dapat menikmati santap ikan sambil melihat keindahan lautan wisata Pantai Depok Yogyakarta ini. Cukup menarik bukan.

Jalanan juga gelap sekali karena tak ada penerangan sama sekali sehinga mesti waspada dan hati-hati agar mobil tak terperosok ke pasir. Pandai-pandailah menawar harga ikannya agar mendapatkan harga yang wajar, terlebih lagi kalau bisa sampai dapat harga yang sangat murah. Aneka ikan segar ini dapat diolah dengan model masakan yang banyak pilihannya. Anda tinggal bilang pada tukang masaknya saja.


Artikel terkait : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar